loading...

Percetakan Murah

A company engaged in the field of Management Consultant specifically managing Permits to Stay and Work for Foreign Citizens in Indonesia.

Address: Ruko Plaza Pasifik Blok.B2 No.39, Jl. Boulevard Barat Raya, Kelapa Gading, Jakarta Utara 14240
Telephone: (021) 45854910/11
Email: visa.orom@gmail.com

WNA Sudah Bisa Masuk Indonesia, Perhatikan Persyaratannya

  • By Ricka Amelia Ramadhan
  • February 19, 2021
  • 0 Comment
  • 1124 Views

Indonesia berpedoman pada Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 26 Tahun 2020 tentang Visa dan Izin Tinggal Dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru

Aturan baru telah ditetapkan oleh pemerintah Indonesia untuk dijadikan pedoman dalam Protokol Kesehatan Perjalanan Interntional Pada Masa Pandemi Covid-19 ini. Satuan Tugas Penangan Covid-19 melalui surat Edaran Nomor 8 Tahun 2021 Tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Internasional Pada Masa Pandemi Corono Virus Disease 2019 (Covid-19) menjelaskan dalam angka f nomor 2 tentang Larangan memmasuki wilayah Inodonesia, baik secara langsung maupun transit di negara asing tetap diberlakukan bagi pelaku perjalanan internasional yang berstatus Warga negara Asing (WNA) kecuali yang memenuhi kriteria sebagai berikut :

  1. Sesuai ketentuan dalam Permenkumham No.26 Tahun 2020 tentang Visa Dan Izin Tinggal Dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru;
  2. Sesuai skema perjanjian bilateral Travel Corridor Arrangement (TCA); dan/atau
  3. Mendapatkan pertimbangan/izin khusus secara tertulis dari Kementrian/Lembaga.

Pada tanggal 11 Februari 2021, terbit Penegasan Surat Edaran Direktur Jenderal Imigrasi Nomor IMI-1555.GR.01.01 Tahun 2020 tentang Kebijakan Visa dan Izin Tinggal Dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru. Dalam Surat Penegasan tersebut berisikan antara lain :

  1. Persyaratan administratif dan pengecualian bagi orang asing yang dapat masuk wilayah Indonesia:
  1. Persyaratan administratif pengajuan eVisa:
    • tidak memerlukan hasil RT-PCR;
    • orang asing wajib melampirkan surat pernyataan bersedia membayar pengobatan secara mandiri apabila terpapar COVID-19 selama di Indonesia.
  2. Pengecualian dari pembatasan orang asing yang dapat masuk wilayah Indonesia:
    • Pemegang KITAS dan KITAP yang masih berlaku;
    • Orang asing yang telah memiliki eVisa;
    • Tenaga bantuan dan dukungan medis, pangan dan alasan kemanusiaan;
    • Awak alat angkut; dan
    • Orang asing yang akan bekerja pada proyek vital strategis, obyek vital nasional, proyek strategis nasional, ketentuan angka 3, angka 4 dan angka 5 dapat diberikan berdasarkan rekomendasi dari kementerian/lembaga teknis terkait.
  1. Orang asing yang telah memperpanjang Izin Tinggal Kunjungan sebanyak 4 (empat) kali dan tidak melebihi 180 (seratus delapan puluh) hari dan pemegang Izin Tinggal Terbatas yang tidak dapat memperpanjang Izin Tinggalnya sesuai peraturan perundang-undangan wajib memohon Izin Tinggal baru dengan mengajukan Visa onshore;
  2. Pengajuan Visa onshore dilakukan sebelum Izin Tinggal berakhir;
  3. Masa berlaku Izin Tinggal baru yang berasal dari Visa onshore dihitung berdasarkan tanggal persetujuan Visa onshore, tanpa menghitung tanggal berakhir Izin Tinggal sebelumnya dengan persetujuan Visa onshore sebagai masa overstay (melebihi batas waktu Izin Tinggal).

Jika ada pertanyaan yang ingin disampaikan, silahkan hubungi kami di visa.orom@gmail.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *