loading...

Percetakan Murah

A company engaged in the field of Management Consultant specifically managing Permits to Stay and Work for Foreign Citizens in Indonesia.

Address: Ruko Plaza Pasifik Blok.B2 No.39, Jl. Boulevard Barat Raya, Kelapa Gading, Jakarta Utara 14240
Telephone: (021) 45854910/11
Email: visa.orom@gmail.com

Cara Melakukan Perpanjangan KITAS di Masa Pandemi Covid-19

  • By Ricka Amelia Ramadhan
  • February 11, 2021
  • 0 Comment
  • 3051 Views


“Bagi Perusahaan yang mempekerjakan Tenaga Kerja Asing (TKA) dan bagi Warga Negara Asing (WNA) yang tinggal di Indonesia dan Izin Tinggalnya mendekati habis masa berlakunya, wajib untuk tetap melakukan perpanjangan, meskipun dalam masa Pandemi”

Dasar Perpanjangan KITAS

Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 (“UU Keimigrasian”), untuk setiap orang asing yang tinggal di wilayah Indonesia wajib untuk memiliki izin tinggal baik untuk sementara maupun tetap. Izin Tinggal sementara (ITAS) umumnya berlaku selama 1 (satu) tahun dan untuk Izin Tinggal Tetap (ITAP) berlaku selama 5 (lima) tahun. Setelah masa berlaku dari Izin Tinggal itu habis maka WNA pemegang Izin Tinggal tersebut wajib untuk memperpanjang izin tinggalnya di kantor imigrasi, maksimal 1 bulan sebelum masa berlakunya habis jika mau yang lebih aman maksimal satu setengah bulan sebelum masa berlaku dari izin tinggal tersebut habis.

Proses Perpanjangan KITAS

Bagi Tenaga Kerja Asing (TKA), sebelum memperpanjang izin tinggalnya wajib untuk memperpanjang izin kerjanya terlebih dahulu yaitu memperpanjang masa berlaku Rencana Penggunaan Tenaga Kerja Asing (RPTKA) dan Izin Mempekerjakan Tenaga Kerja Asing (IMTA) atau yang saat ini sudah digantikan dengan Notifikasi. Setelah berhasil memproses perpanjangan kedua dokumen tersebut maka Izin Tinggal yang dimiliki oleh WNA bisa diperpanjang melalui kantor imigrasi sesuai dengan domisili tempat tinggal WNA tersebut.

Untuk WNA yang berada di Indonesia dan akan melakukan perpanjangan izin tinggal, bisa memproses perpanjangannya melalui kantor imigrasi sesuai dengan domisili WNA tersebut. Setelah berkas diajukan melalui kantor Imigrasi, WNA akan dikirimkan kode pembayaran untuk melakukan pembayaran Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang nominalnya sesuai dengan jangka waktu tinggalnya di Indonesia.

Sedangkan menurut Surat Edaran Nomor: Imi-0103.Gr.01.01 Tahun 2021 Tentang Pembatasan Sementara Masuknya Orang Asing Ke Wilayah Indonesia Dalam Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) untuk WNA yang berada di Luar Indonesia, apabila masa berlaku KITAS akan habis bisa melakukan perpanjangan KITAS melalui permohonan yang diajukan oleh penjamin/penanggungjawab ke Kantor Imigrasi secara elektronik atau manual dengan memenuhi ketentuan sebagai berikut :

  1. Penjamin melampirkan fotokopi paspor;
  2. Menyelesaikan permohonan tanpa melalui proses pengambilan biometrik dengan persetujuan Direktur Jenderal Imigrasi, dan
  3. Mewajibkan Penjamin/penanggungjawab untuk melaporkan kedatangan Orang Asing tersebut ke Kantor Imigrasi paling lama 21 (dua puluh satu) hari kerja sejak tanggal kedatangan guna melaksanakan peneraan ITAS/ITAP dan/atau IMK.

Jika anda butuh konsultasi lebih lanjut, hubungi kami di visa.orom@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *